Bupati Taput Serahkan Dana ADD secara Simbolis

Bupati Taput Serahkan Dana ADD secara Simbolis

Tarutung,
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan serahkan Dana ADD secara simbolis kepada Kepala desa seluruh kecamatan. Alokasi Dana Desa (ADD) ini sudah mencapai 70 % pencairannya. Penyerahan secara sembolis dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yakni di Balai Data Kantor Bupati dan terjun langsung ke desa Lobu Sonak Kecamatan Pangaribuan, Sabtu (29/11).
             “Saya sangat mengharapkan kebersamaan diantara perangkat desa dan masyarakat dalam memanfaatkan dana ADD ini. Pemanfaatan ADD ini sebaiknya kesepakatan seluruh masyarakat desa dan merupakan hal yang paling mendesak dibutuhkan di desa terseut. Bagi desa yang sangat sulit mendapatkan air bersih, sebaiknya dana tersebut digunakan untuk pembuatan sumur bor. Desa yang belum memiliki penerangan listrik, sebaiknya untuk pengadaan genset. Tetapi kesemuanya pemanfaatan ADD ini diserahkan mutlak kepada desa. Sebaiknya keputusan pemanfaatan ini benar-benar hasil musyawarah sehingga tidak ada perpecahan,” ujar Bupati mengawali sambutannnya.
            Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa prioritas uttama pembangunan saat ini di Tapanuli Utara adalah pembangunan desa karena kunci semakin maju atau tidaknya sebuah kota terletak pada perkembangan dan kemajuan desa-desanya. Sebuah kota yang ditata dengan rapi dengan dana yang besar akan sia-sia apabila desanya terbengkalai dan terlupakan karena perkembangan ekonomi mikro akan sangat dipengaruhi maju tidaknya desa-desa yang ada ke daerah tersebut. Kemajuan desa nantinya akan bermuara kepada perkembangan kota sehingga kabupaten tersebut secara keseluruhan akan mengalami kemajuan ekonomi yang signifikan. “Jangan pernah mengabaikan desa apabila ingin membangun sebuh kabupaten,” ujar Bupati Taput menambahkan.
            Perhatian Bupati Tapanuli Utara akan pembangunan desa diwujudkan dalam kunjungannya ke Desa Lobu Sonak yang sangat terpencil dan medannya sangat sulit ditempuh di Kecamatan Pangaribuan. Dalam kesempatan ini, Bupati Taput juga menyerahkan ADD secara simbolis kepada para kepala desa sekaligus menyerahkan bibit kemenyan yang disumbangkan perantau desa tersebut.
            “Alokasi dana desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara telah terealisasi sebesar 70 % dan telah dan segera dimanfaatkan untuk kepentingan desa yang paling mendesak,” ujar Bupati Taput mengakhiri.
        Menyikapi hal tersebut, Koordinator FK-TKSK Taput/Ketua LK3 Taput, Chompey Sibarani mengatakan, agar pihak Pemkab segera mengalokasikan waktu dan dana untuk mengadakan pelatihan-pelatihan maupun sosialisasi manajemen desa, dan bila perlu diadakan pemilihan kepala desa berprestasi untuk diberangkatkan studi banding ke desa unggulan yang berada diluar propinsi agar para Kepala Desa/Lurah semakin semangat lagi dalam mengabdikan diri kepada masyarakat 
            Turut dalam pertemuan tersebut, Sekdakab Taput Edward Tampubolon, SE, Asisten I Drs. HP. Marpaung, Kadis Bappemas Binhot Aritonang, S.Sos (hms)
Share on Google Plus

About chompey

If you need me to solve your problem, just call me... at chompey@ymail.com

0 komentar:

Ads Inside Post