MISTERI GURU MANGALOKSA DITEMUKAN???

Oleh: Jekson L. Tobing, SE
======================
= Telah Ditemukan Beberapa Benda Pusaka dari tempat yg berbeda
= Utusan PGM di Silindung sudah mengadakan Rapat

# Surat Terbuka buat Pinompar Guru Mangaloksa#
Syalom / Assalamu Alaikum WWW
Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar (Berita di Koran SIB, Sabtu 12 April 2014) perihal: adanya “Sorangan/Sandaran” atau orang yang menjadi sumber berita muncul, dimana Ompu i, Guru Mangaloksa “menunjukkan diri” (dalam tanda kutip) melalui orang yang kita sebut saja, Boy Tobing, Umur 23 thn, tinggal di Siatas Barita - Tarutung: dan ditemukannya Hinambor / Makam/ Kuburan di Sigaol – Lumban Bao dan beberapa benda pusaka (seperti Kursi, Keris, Buku Laklak) dari beberapa tempat yang berbeda yang diyakini sebagai peninggalan Opung Guru Mangaloksa, Oleh berita tersebut sudah banyak terjadi pro kontra khususnya di Sosial media.
Sebagaimana disampaikan oleh Amang MPL. Tobing (Sekjen PGM) pada pertemuan awal tgl 11 April 2014, di Siatas Barita, Tarutung yg dihadiri oleh 43 org yang mewakili PGM, menyampaikan bahwa berita atau kabar tersebut nantinya akan menjadi perdebatan, menimbulkan beragam pendapat baik yang berupa pertanyaan, kritik, rasa penasaran bahkan sinisme yang kita kawatirkan dapat menimbulkan rasa ketidak enakan, perpecahan atau sikap bermusuhan diantara sesama kita.
Pada prinsipnya, wajar saja kalau tidak semua sepaham, percaya atau bahkan akan ada yang memandang sinis akan berita tersebut. Semua itu karna KITA keluarga besar PGM, adalah orang atau pribadi yang berbeda dalam banyak hal; dalam Umur, Pengalaman, Pendidikan, Latar belakang, Era/zaman, bahkan berbeda Kepercayaan dll.
Penulis dan rekan Jurnalis yang lain, yang hadir dalam pertemuan tersebut memandang perlu untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar hal-hal yang tidak kita inginkan sedini mungkin dapat diantisipasi; agar jangan sampai ada orang atau kelompok yg memanfaatkan isu tersebut demi kepentingan pribadi atau memengaku-ngaku SORANGAN / Titisan dari Opung kita, Guru Mangaloksa.
Oleh karenanya, sepanjang yang Penulis ikuti, ada beberapa hal atau fakta yg ingin disampaikan sbb:
1. Bahwa benar, pada hari Jumat, 11 April 2014 telah diadakan pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 50 org (dlm daftar Absensi ber jmlh 43 org), bertempat di Siatas Barrita, di rumah keluarga Tobing untuk membicarakan, mendengar penjelasan dari orang-orang yag terlibat langsung dalam proses penemuan tersebut, membahas langkah-langkah selanjutnya sehubungan dengan adanya Penemuan Makam dan benda peninggalan (Harta Pusaka) dari Opung kita Guru Mangaloksa dari beberapa tempat yg berbeda pada waktu yang berbeda pula.
2. Bahwa dari penuturan beberapa orang yang terlibat langsung mencari Pusaka tadi, diperoleh penjelasan-penjelasan serta cerita yang cukup dan dapat dipercaya dan dari orang terpercaya juga. Dalam pertemuan awal tersebut, dihadiri Bendahara PGM, Freddy L. Tobing dan Amang Sekjen PGM (MPL.Tobing) dan dimana Amang MPL. Tobing, ternyata sudah ikut serta (minggu lalu) ke Sigaol – Lumban Bao dalam proses pencarian, yang belakangan ini diinfokan ditemukan Hinambor/Makam / tempat dikuburkan Opung kita. Dengan berurai air mata, Beliau bercerita telah menyaksikan langsung “HAHOMION” /Keanehan/keajaiban dalam proses penentuan lokasi Makam Opung Guru Mangaloksa. Diceritakan bahwa, sebelum Makam didiketemukan, terlebih dahulu diinfokan oleh kita sebut saja TONDI/ROH melalui Sorangan-nya (Boy Tobing) bahwa nanti akan ada ‘tanda’ jika Sorangan sudah terjerembab/tergeletak di tanah, maka disitulah Opung tersebut dikubur; lalu Kilat dan Petir tiba-tiba datang, hujan gerimis yang sebelumnya turun juga segera reda.
3. Bahwa sudah ada 3 (Tiga) jenis benda peninggalan yang diyakini sebagai Harta Pusaka yang diketemukan dari tempat yg berbeda dan pada waktu yang berbeda seperti; Barus, Portibi, dan Batu Mardinding (Siatas Barita) dan sekarang diamankan disuatu tempat. Sehubungan dengan proses penemuan tersebut, orang yang terlibat juga menceritakan hal-hal yang tidak masuk akal yang menuntun mereka kepada tempat-tempat yang harus mereka tuju.
4. Bahwa masih ada Peninggalan Opung Guru Mangaloksa yang harus diambil dari beberapa tempat yang proses pencarian / mengambilnya masih harus melalui proses yang bertahap.
5. Bahwa, Sabtu tgl 12 April 2014 telah diadakan gotong royong yang dihadiri oleh utusan PGM yang ada di wilayah Silindung untuk ‘mangarintis’/ membersihkan jalan di Dolok Siatas Barita (di bawah Patung Yesus), titik kumpul di Rumah Amang Tobing (Pak Kembar) di Simorangkir.
6. Bahwa semua yg hadir pada pertemuan tadi, yang sudah mewakili PGM _telah sepakat utk mensosialisasikan “BERITA” tersebut kepada Marganya masing-masing.
6. Bahwa, Senin tgl 14 April 2014, juga ditemukan benda berupa Tombak (Hujur??) dari Batu Mardinding Siatas Barita.


Saran- saran :

Untuk semua PGM dimanapun berada, diharapkan agar: jika belum mengetahui jelas atau tidak mengikuti “history” dari awal, tidak terlibat langsung, diharapkan tidak sembarangan membuat berita, meng-up load/ memosting Topik yg dapat menimbulkan perdebatan yang tidak perlu, sehubungan dengan Opung kita Guru Mangaloksa.
Adalah lebih baik, kita semua secara arif & bijaksana, bersabar menunggu HASIL KESEPAKATAN atau perkembangan dan penjelasan dari pihak2 yang berkompeten, sehingga Kabar/Berita yang muncul tidak simpang siur.
Jayalah PGM. Mari kita bersatu, dalam Kasih Persaudaraan.

Share on Google Plus

About chompey

If you need me to solve your problem, just call me... at chompey@ymail.com

0 komentar:

Ads Inside Post