Bunga Rampai Tapanuli Utara


Catatan Ramlo Hutabarat

Tapanuli Utara sejak di bawah pemerintahan Nikson - Mauliate, diselimuti ragam persoalan. Itu biasa, sebab ketika pemerintahan berganti, banyak hal yang mau tak mau atau suka tidak suka menjadi berubah. Dan perubahan - termasuk perubahan cuaca - akan membawa dampak yang asing serta tidak mengenakkan. Perubahan dari iklim kemarau ke musim penghujan saja membuat orang banyak mengalami flu atau setidaknya pilek.

Para staf yang mendampingi Nikson - Mauliate pun memimpin Tapanuli Utara pun wajar dan pantas sekali berubah. Misalnya, Jamilin Purba yang sebelumnya Kepala BKD, digantikan oleh Erikson Siagian yang diimport dari Kabupaten Humbang Hasundutan. Rudolf Manalu yang sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan pun, digudangkan serta digantikan oleh Jamel Panjaitan yang didatangkan dari Kabupaten Toba Samosir. Sabar Sitanggang yang Kepala BP4K, Joskar Limbong yang Kepala Dinas Pariwisata, dan lain-lain dan lain masuk gudang sementara ragam persoalan pun melilit mereka.

Lantas, kepala-kepala sekolah pun banyak sekali yang diganti. Sihotang Kepala SMP Negeri I Tarutung, istri Joskar Limbong yang Kepala SMP Negeri II, Tarutung,  Panggabean yang Kepala SMA Negeri I Tarutung, pun dimutasi menjadi guru di beberapa sekolah lainnya. Para pengganti mereka pun, umumnya selama ini dikenal sebagai guru pula. Ada Boru Nababan yang menjadi Kepala SMP Negeri di Tarutung, termasuk Emmi Hutabarat yang menjadi Kepala SMP Negeri 5 Tarutung. Lubis yang dulunya Pengawas di Kecamatan Sipahutar sekarang sudah diangkat menjadi Kepala SMA Negeri Sipahutar. Termasuk, Simanjuntak yang Kepala SMP Negeri I Sipahutar diganti dan mengangkatnya sebagai Pengawas.

Tapi tidak itu saja yang terjadi di Tapanuli Utara, pasca pergantian tampuk pemerintahan disana. Banyak hal yang sebenarnya sudah terjadi tapi tidak mencuat dan tidak pernah dibicarakan publik secara terbuka. Misalnya, upaya tindak lanjut temuan-temuan BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) misalnya di KPU Tapanuli Utara, Panwaslu Tapanuli Utara, PDAM Mual Natio, RSUD Tarutung, termasuk Prusda Pertanian. Termasuk temuan BPK di Dinas Pertanian serta masalah pengadaan barang dan jasa di Dinas Pendidikan yang 'dimainkan' oleh tiga perusahaan misterius.

Masih banyak lagi, masih banyak lagi yang menjadi persoalan di negeri Orang Batak ini, yang semuanya menarik untuk dicermati dan enak untuk dibaca. Semua terangkum dalam sebuah buku Bunga Rampai Tapanuli Utara, yang ditulis oleh seorang penulis perantau asal Tapanuli Utara.

Maka, siapa mau beli silahkan pesan sekarang juga dengan harga Rp 150.000, 00 per buku kepada Ramlo R HUtabarat, HP : 0813 6170 6993.
______________________________________________________________________________________________________________________________Tarutung, 1 Oktober 2014
Ramlo R Hutabarat
_____________________________________________________________________________________________________________________________
Share on Google Plus

About chompey

If you need me to solve your problem, just call me... at chompey@ymail.com

1 komentar:

Sry rahayu said mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Ads Inside Post