Penyuluhan Pertanian di Tapanuli Utara Kurang Bergairah

Penyuluhan Pertanian di Tapanuli Utara Kurang Bergairah
DANA OPERASIONAL KWARTAL  PERTAMA  
BELUM REALISASI


Taput, (Media Tipikor)-

Sejumlah  kordinator penyuluhan pertanian di Tapanuli Utara mengeluhkan  dana operasional yang seyogianya realisasi bulan Maret lalu hingga saat ini belum direalisasi ke tingkat kecamatan. Informasi adanya keterlambatan itu diperoleh  Media Tipikor dari beberapa sumber yang layak dipercaya tanpa bersedia identitasnya dikorankan.
Sumber media ini menyebutkan dana operasional digunakan untuk keperluan perjalanan dinas,makan dan minum kunjungan penyuluhan , temu lapang dan kegunaan lain. Menurut sumber  adanya keterlambatan pencairan ke tingkat kecamatan berpengaruh pada kinerja dilapangan.

 “Realisasi dana operasional kwartal pertama belum kami terima padahal dana itu dimanfaatkan untuk keperluan biaya perjalanan dinas, temu lapang dan makan minum kunjungan penyuluh di kecamatan”, ungkap salah seorang kordinator penyuluhan kecamatan  di Tarutung Selasa,6/5.

Sabar Sitanggang,  selaku kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian  Perikanan dan Kehutanan Tapanuli Utara mengakui adanya keterlambatan realisasi dana rutin ke tingkat kecamatan. Menurutnya keterlambatan realisasi masih dalam proses pihak Dispenloka Taput, dan proses  pencairan akan dilakukan Dispenloka apabila SPJ sudah lengkap.

“ Ya...dana operasional  triwulan pertama belum direalisasi karena masih diproses di Dispenloka. Apabila laporan SPJnya sudah lengkap mungkin dalam waktu dekat akan dicairkan uangnya”, tandasnya ke media Tipikor Rabu, 7/5. Sabar menambahkan kecenderungan keterlambatan bisa terjadi,  bila laporan bulanan penyuluh pertanian  lapangan (PPL) ke kabupaten tidak cepat.

Kabid Keuangan Dispenloka Tapanuli Utara Josua Hutabarat enggan memberikan keterangan saat dikonfirmasi sembari mengarahkan media ini  konfirmasi langsung kepada kepala Dispenloka, menurutnya akhir-akhir ini kantor dispenloka membuat kebijakan pelayanan pers sistem satu corong tanpa menyebut alasan secara transparan. (JPM)
Share on Google Plus

About chompey

If you need me to solve your problem, just call me... at chompey@ymail.com

0 komentar:

Ads Inside Post